Trip to Sawarna (part 1)

Ceritanya, hari sabtu-minggu kemarin temen2 kantor ngajakin jalan2, setelah sebelum2nya mau jalan2 tapi batal terus karena satu dan lain hal (kebanyakan sih karena kerjaan yg tiba2 dateng dan jadwal weekend yg ngga cocok), akhirnya deal juga weekend kemarin buat jalan2.

Jalan2 kali ini sengaja nyari daerah pantai, katanya biar bisa kabur dari pusingnya kerjaan (dan kebetulan inisiatornya baru naik gunung seminggu sebelumnya) jadi dipilih pantai yg masih jarang dikunjungi: pantai Sawarna (sawarna ya, bukan sarwana)

Setelah beberapa hari persiapan, travel (agen) udah didapat, itinerary diterima, anak2 udah pada confirm, booking udah dibayar, bekal udah disiapin, semua udah siap berangkat. Pas pertama kali saya ngeliat itinerary, agak bingung kok perjalanan dari jakarta ke pantai bisa makan waktu 9-10 jam (lama banget!) dan setalah nanya, katanya pantainya jauh. Setelah tanya2 lokasi pantainya di mana ke sesama peserta jalan2, ternyata ngga ada yg tau pantai sawarna itu di mana lah (termasuk si inisiator, hahaha). Entah dari mana kemudian dapet selentingan kalo pantainya ada di daerah banten, jadilah diasumsiin ada di deket ujung genteng sana.

Jam 8 malem, setelah anak2 kumpul di kantor (kita bertujuh: 5 cowo + 2 cewe) dateng lah si agen ngejemput. Karena jumlah orangnya tanggung, jadi digabung sama rombongan lain (6 orang) yg dijemput setelahnya di semanggi. Setelah semuanya ngumpul, berangkat lah rombongan kami ber-16 (13 peserta + 3 org dr agen). Ngeliat jalan, mulai bingung lagi kok arahnya kaya balik ke arah kantor (dari semanggi ke pancoran, kantor di kalibata) padahal kalo ke ujung genteng kan berlawanan arah. Setalah tanya ke agen, baru ngeh lah kami2 ini kalo Sawarna ternyata bukan di deket ujung genteng, tapi di deket pelabuhan ratu! Pantesan perjalanannya lama, hahahaha

Disini nih pantai sawarna

Disini nih pantai sawarna

Perjalanan malem awalnya ngga terlalu seru, mungkin karena kebanyakan milih tidur (capek habis kerja mungkin) jadinya relatif sepi. Setelah sedikit ikut macet2an sama org2 yg pulang weekend, lolos juga masuk jalan raya ciawi ke arah sukabumi, jalanan relatif lancar. Persis setelah belok ke arah Cibadak tiba2 macet, dan ternyata ada truk kontainer keperosok parit sampe rodanya patah (ngga ngerti juga ngapain truk kontainer nyasar ke sana). Setelah lewat truk, lancar lagi tapi…..

Hmmm, mungkin ini bisa jadi tips buat yg mau ke Sawarna: Buat yg sering mabok kalo naik mobil (ato ada potensi mabok) sebaiknya minum Antimo (bukan promosi ya) terus tidur, sebab jalanan ke Sawarna.. nyaris OFFROAD!! Agak ga manusiawi sih, apalagi buat perjalanan malam. Soalnya jalanannya bener2 nanjak-mudun, berliku2, plus berlubang. Bahkan saya yg udah biasa tidur dengan leher tegak aja, kepala masih goyang2 parah kaya lagi joged india (dan tetangga sebelah yg nyender ke jendela kejeduk berkali2). Kalo buat yg ga tahan mabok, bakal KO lah kayanya.

Tapi kaya kata peribahasa “berakit-rakit ke hulu, berenang-renang ke tepian”, setelah para penumpang nyaris cuma bisa setengah tidur semaleman (ngga bisa tidur gara2 jalanan yg wah), temen kantor muntah, supir ngotot2an sama org yg narik pungli, dan mobil ikut ngantri bareng sama rombongan mobil lain yg kebetulan ketemu di jalan,, Alhamdulillah, nyampe juga rombongan kami di Sawarna.

(Sebenernya setelah ngeliat jalan yg agak offroad dan waktu tempuh yg lama, saya udah siap2 kalo ternyata daerahnya masih desa pisan dan warung masih dikit.. Eh ternyata udah lumayan maju, dan ada minimarket juga)

masih pada ngantuk2

anak2 masih pada ngantuk2

Dengan kondisi semua masih ngantuk2, buru2 lah serombongan pengen muas2in istirahat (acara bebas sampe jam 9 pagi = waktunya tidur), eh ternyata belum sampai ke penginapan, dipaksa “bangun”, gara2 akses ke penginapan harus lewat ini:

kalo lewat sini sambil ngantuk, kayanya bakal kecebur deh

kalo lewat sini sambil ngantuk, kayanya bakal kecebur deh

Setelah lewat si jembatan, jalan beberapa puluh meter, akhirnya nyampe juga di penginapan (langsung solat+sarapan) dan akhirnya, waktunya tidur.. (yg cewe pada mandi, yg cowo tidur) sebelum lanjut ke acara jalan2nya…